Rupiah Memburuk, Rakyat Terpuruk
Tanggal : 24 September 2015 , Kategori : Kegiatan/Berita Foto , Dibaca : 360 Kali , Penulis : Super User

Anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Refrizal membuat surat terbuka untuk Presiden Joko Widodo terkait nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat yang semakin terpuruk.

Data Bloomberg pada Selasa (25/8) pukul 08.30 WIB menunjukkan, mata uang Rupiah berada di posisi Rp14.065 per dollar AS, lebih rendah dibandingkan penutupan kemarin pada 14.049,5.

"Assalamualaikum Pak Jokowi Yth. Semoga pagi ini sehat dan mungkin lagi sibuk dan pusing mikirin nasib bangsa dan negara, khususnya pusing mikirin rakyat kecil yang semakin sulit kehidupannya," kata Refrizal dalam surat terbukanya, Selasa.

Refrizal meminta Presiden Jokowi tak tinggal diam dengan kondisi ekonomi Indonesia ini. Setidaknya, kata dia, Jokowi harus memberikan penjelasan langsung kepada rakyat agak mereka tidak resah dengan kondisi rupiah yang semakin melemah.

Kondisi Rupiah yang terus memburuk itu, jelas akan menyebabkan nasib rakyat Indonesia, utamanya yang berada di tingkat bawah (grass-root) akan semakin terpuruk dan dari hari ke hari akan menghadapi situasi kehidupan yang semakin berat dan penuh tantangan.

Pasalnya, memburuknya kondisi rupiah itu jelas akan berdampak pada keberlangsungan sejumlah perusahaan di negeri ini. Jika kondisi rupiah tak kunjung bisa stabil dan menguat, dipastikan bakal banyak perusahaan yang terancam bangkrut dan terpaksa melakukan PHK besar-besaran.

Syukurlah, di tengah kondisi rupiah yang terus memburuk itu, stabilitas politik di tanah air masih relatif kondusif. Artinya, rakyat masih memiliki kesabaran dan tetap memberikan kesempatan kepada Pemerintahan Jokowi-JK dan jajarannya untuk bekerja, membenahi jalannya pemerintahan, dengan harapan bisa memberikan kontribusi terbaik bagi rakyat Indonesia.

Nah, dalam hal inilah kita berharap, kiranya Presiden Jokowi dan jajaran kabinetnya, kiranya bisa bekerja lebih fokus dalam merealisir program pembangunan yang hasilnya dapat dirasakan rakyat. Jajaran kabinet hendaknya berhenti berwacana dan masih disibukkan dengan manuver-manuver politik, yang tidak ada korelasinya dengan kepentingan rakyat !

Dan, sebagaimana diharapkan Refrizal, sudah sepatutnya Presiden Jokowi bisa memberikan penjelasan secara terbuka kepada rakyat, terkait dengan kondisi rupiah dan perekonomian kita yang semakin mengkhawatirkan ini. Selain itu, Presiden Jokowi pun tidak perlu segan-segan melakukan reshuffle jilid II, sebab masih terdapat anggota kabinet yang kurang becus dalam menjalankan tupoksinya.

Di sisi lain, di tengah kondisi rupiah yang memburuk dan membuat kehidupan rakyat semakin terpuruk itu, semua pihak hendaknya bisa memperlihatkan sikap prihatin dan segenap potensi bangsa hendaknya bersatu, mencari solusi jitu mengantisipasi kemungkinan negeri ini bakal terseret dalam krisis ekonomi berkepanjangan.(**)

Sumber : http://harianandalas.com/kanal-editorial/rupiah-memburuk-rakyat-terpuruk


0 Komentar Pembaca:

Tambahkan Komentar via Website :
Nama *
Email *
Website
*